Tips Blog Tidak Dibanned Part 2 : Gunakan Etika dan Copy Paste Content

Bagi seorang blogger tentu tidak asing dengan istilah Copas (Copy Paste) suatu artikel baik dari website ataupun blog lain. Apalagi bagi new blogger tentu sangat kesulitan kalau tiap hari harus posting 3 sampai 10 artkel original ketikan sendiri. Kecuali jika memang anda sudah punya tulisan sebelumnya, tentu ga jadi soal.

Yang jadi pertanyaan kita, apakah copi paste content/isi blog lain lalu kita posting di blog kita itu dilarang ? Jawabannya tentu tergantung masing-masing pemilik kontent tersebut. Ada yang boleh, all open seperti di http://tik-mrwindu.blogspot.com atau http://mrwindu.com asalkan menuliskan sumber utama artikel dan memberikan links pada postingan tersebut. Kenapa dibolehkan, ya karena kedua blog itu aku yang punya, jadi aku berhak melarang maupun membolehkan.

Nah untuk blog lain atau website lain kalau tidak ada larangan mencopy berarti boleh, asalkan kita harus menuliskan juga sumber utama artikel tersebut dan memberikan links karena memang itu etika dalam kopi paste. Syukur-syukur kalau diubah dikit-dikitlah, jangan persis sekali. Atau ada lagi yang lebih bagus yaitu ambil artikel yang berbahasa inggris kemudian kita terjemah dengan google translate, kita lihat susunan bahasanya bagus belum, baru kita postingkan.

Pernah ada seorang teman yang baru 2 hari dibanned blognya (blognya langsung hilang dari peredaran) gara-gara copi paste dari ezinearticles dan menghilangkan linksnya, alias tidak mencantumkan sumber utama artikel. Nah hal ini bisa membuat marah tim blogger, dan resikonya blog kita akan dihapus. Saya biasanya untuk blog-blog yang berbahasa Inggris juga banyak ngambil dari website lain seperti ezinearticles.com karena memang mereka memperbolehkan diposting ulang, asal memberikan link dan menuliskan sumber utamanya.

2 comments:

febri...!!!! said...

kalo diambil di penyedia arikel kaya readbud bro????apa dibaned juga????

windu said...

dicoba aja mas, asal sumbernya dicantumkan. Tapi menurut pengalaman saya artikel copy paste kalau tidak diedit atau diubah-ubah isinya kurang terindeks sama mesin pencari google. Apalagi sekarang google udah pelihara PANDA kan ?

Post a Comment